Followers

Sabtu, 04 Juli 2015

Kado Untuk Blogger



HAPPY BIRTHDAY 12TH, GAGASMEDIA!



            Tahun ini, tepat tanggal 4 Juli, salah satu penerbit kesayangan saya merayakan hari jadinya yang ke-12. Yeah, it’s GagasMedia anniversary! Tidak terasa, dua belas tahun sudah Gagas menemani kita para pembaca dengan terbitan buku-bukunya yang semakin keren dari tahun ke tahun. Bagi saya pribadi, Gagas memiliki tempat tersendiri di hati karena novel-novel terbitannya yang khas dan sangat menyenangkan untuk dinikmati.
            Nah, seperti tahun kemarin, di ulang tahunnya kali ini GagasMedia juga memberikan hadiah untuk pembaca setianya dengan tajuk; Kado untuk Blogger. Tapi, kali ini, tugasnya adalah dengan menjawab 12 pertanyaan yang diberikan oleh GagasMedia. Nah, apa saja pertanyaannya dan jawaban versi saya? Ini dia:



1.      Sebutkan 12 judul buku yang paling berkesan setah kamu membacanya!
1.      The Chronicles of Audy: 4R – Orizuka
2.      The Chronicles of Audy: 21 – Orizuka
3.      The Chronicles of Audy: 4/4 – Orizuka
4.      Forgiven – Morra Quatro
5.      Notasi – Morra Quatro
6.      Priceless Moment – Prisca Primasari
7.      Paris: Aline – Prisca Primasari
8.      Refrain – Winna Efendi
9.      Always, Laila – Andi Eriawan
10.  Monsoon (Apa Maksud Setuang Air Teh) – Syahmedi Dean
11.  Antologi Rasa – Ika Natassa
12.  L – Kristy Nelwan

2.      Buku apa yang pernah membuatmu menangis?
Ada beberapa buku yang memiliki kesan tersendiri untuk saya. Dan rata-rata buku tersebut adalah buku yang pernah membuat saya menangis. Di antaranya adalah:
1.      Forgiven karya Morra Quatro. Penulisan yang sederhana, jalan cerita yang istimewa, serta ending yang luar biasa adalah perpaduan novel Forgiven ini. Dengan tulisan khasnya, Kak Morra mampu membawa pembacanya ke dalam rasa sesak dan tembakan telak pada akhir ceritanya. What a special ending :’)


2.      Notasi karya Morra Quatro. Sama seperti Forgiven, novel ini juga membawa perpaduan menyesakkan dengan rangakaian kata yang ditulis Kak Morra. Jalan cerita yang manis ditutup dengan ending yang miris, cukup membuat saya membuang air mata :’)


3.      Always, Laila karya Andi Eriawan. Novel ini memberikan rasa yang berbeda bagi saya. Ditulis oleh seorang laki-laki, rasanya heran sendiri mengapa saya bisa mengakhiri novel ini dengan air mata. Tapi, itulah yang terjadi, penulis memberikan cerita cinta manis antara dua tokoh utamanya, untuk kemudian memberikan akhir yang jauh dari kata bahagia untuk keduanya. And, I cried.


3.      Apa quote dari buku yang kamu ingat dan menginspirasi?
This one: “Akhirnya, ada beberapa hal yang aku nggak ahli ‘kan, K. I can’t tell you how I love you. That’s just–way beyond my vocabulary.” (Forgiven by Morra Quatro page 251)
4.      Siapakah tokoh dalam buku yang ingin kamu pacari? Hayo, berikan alasan kenapa kamu cocok jadi pasangannya?
I think it’s the hardest part to choose one of them (hahaha). Well, tokoh dalam buku yang akhir-akhir ini membayangi saya dan membuat saya susah move on adalah Regan Rashad dari The Chronicles of Audy series karya Orizuka. Saya suka cowok tipe Regan; hangat, dewasa, lembut, pengertian, walau sedikit pelit, tapi, he’s so lovable. Bahkan saya cemburu sama tokoh yang Regan nikahin di novel tersebut ;p

5.      Ceritakan ending novel yang berkesan dan tak akan kamu lupakan!
Honestly, saya sangat suka sad ending yang mencakar-cakar hati pembaca di akhir cerita. Sebab, saya merasa sebuah cerita happy ending akan lebih mudah saya lupakan sedang sad ending lebih sulit dilupakan. Dan sampai saat ini, novel-novel yang menjadi favorit saya rata-rata memiliki sad ending :)

6.      Buku pertama GagasMedia yang kamu baca, dan kenapa memilih buku itu?
Buku pertama GagasMedia yang saya beli adalah Let Go karya Windhy Puspitadewi. Mungkin sekitar enam tahun yang lalu. Yang membuat saya tertarik adalah cover-nya. Sebab, dari dulu, keunggulan GagasMedia dalam menarik pembaca selalu terletak pada cover-nya.

7.      Dari sekian banyak buku yang kamu punya, apa judul yang menurutmu menarik, kenapa?


Monsoon (Apa Maksud Setuang Air Teh) karya Syahmedi Dean. Saya suka dengan judul yang ‘tidak biasa’ dan membuat yang membaca bertanya-tanya akan judul itu. Saya rasa, judul novel terakhir dalam tetralogi fashion itu sudah mewakili semuanya.

8.      Sekarang, lihat rak bukumu.. cover buku apa yang kamu suka, kenapa?


Refrain karya Winna Efendi. Di masa-masa awal terbitnya, saya yakin, cover Refrain yang simpel dan sepucuk surat biru yang manis ini mampu menarik banyak pembaca. Dan sampai sekarang, saya masih merasa cover Refrain adalah cover yang paling saya sukai.

9.      Tema cerita apa yang kamu sukai, kenapa?
Untuk yang sudah mengenal saya, pasti mereka akan tahu apa jawaban yang akan saya berikan untuk pertanyaan ini. Ya, FRIENDZONE! xD mainstream? Pasaran? Klise? Yeah, but, hingga sekarang, tema ini masih menjadi tema yang saya gilai. Mungkin, karena saya senang membaca cerita tentang bagaimana sebuah cinta dapat muncul dalam sebuah proses bernama persahabatan. Maka dari itu, saya sangat menyukai tema ini.

10.  Siapa penulis yang ingin kamu temui, kalau sudah bertemu, kamu mau apa?
Sebenarnya Alhamdulillah, beberapa penulis yang masuk daftar favorit saya sudah pernah saya temui. Tapi, ada satu lagi yang sampai sekarang belum pernah saya temui: Morra Quatro :’3 mungkin, saya akan bertanya banyak tentang bagaimana cara Kak Morra merangkai kata-kata yang ia tulis di dalam novelnya. Karena saya selalu percaya, tulisan Kak Morra memiliki semacam magis yang membuat perasaan pembacanya menghangat ketika membaca itu. Semoga, someday, kita bisa ketemu, ya, Kak :D

11.  Lebih suka baca e-book (buku digital) atau buku cetak (kertas), kenapa?
No doubt, saya lebih suka buku cetak. Karena membaca e-book sendiri kurang nyaman untuk saya. Dan hingga sekarang, saya belum pernah dengan sengaja membeli novel incaran yang berformat e-book.

12.  Sebutkan 12 kata untuk GagasMedia menurutmu!
If reading is hot and writing is cool, so, GagasMedia is extraordinary!

            That’s all. Sebuah rangkuman 12 jawaban dari pertanyaan yang diberikan GagasMedia. Yeay! Nah, sekali lagi, Happy 12th birthday, GagasMedia! Semoga ke depannya selalu menjadi publisher kece dan keren! Salam #TerusBergegas (^^)9

Hidya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar